Jumat, 25 Maret 2011

Wisata Indonesia

Nama  : Dani Hamdani
NPM    : 16209229
Kelas   : 2EA08
Mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan

Wisata di Indonesia
Tentu kita semua tahu jika di Indonesia terdapat banyak sekali objek wisata yang sangat indah dan patutu diperhitungkan di mata dunia. Negara kita terdiri dari beribu-ribu pulau yang membentang di luasnya samudra biru Indonesia. Salah satu wisata di Indonesia yang telah mendunia adalah Pulau Bali. Banyak dari wisatawan asing/turis tidak mengetahui jika Pulau Bali merupakan bagian dari Indonesia, mereka hanya mengetahui jika Pulau Bali itu adalah suatu negara kecil yang Indah. Mengapa hal itu bisa terjadi?
Seharusnya pemerintah Indonesia lebih mempromosikan wasata negara Indonesia ke seluruh dunia, jangan sampai peristiwa yang tidk diinginkan terulang kembali seperti halnya sebuah tari yang diakui oleh Malaysia, angklungdan sebagainya. Harusnya Indonesia mengHak paten budaya kita tersebut agar tidak diambil alih oleh negara lain.
Pulau Bali adalah bagian dari Kepulauan Sunda Kecil sepanjang 153 km dan selebar 112 km sekitar 3,2 km dari Pulau Jawa. Secara astronomis, Bali terletak di 8°25′23″ Lintang Selatan dan 115°14′55″ Bujur Timur yang membuatnya beriklim tropis seperti bagian Indonesia yang lain.
Bali adalah nama salah satu provinsi di Indonesia dan juga merupakan nama pulau terbesar yang menjadi bagian dari provinsi tersebut. Selain terdiri dari Pulau Bali, wilayah Provinsi Bali juga terdiri dari pulau-pulau yang lebih kecil di sekitarnya, yaitu Pulau Nusa Penida,Pulau Nusa Lembongan, Pulau Nusa Ceningan dan Pulau Serangan.
Bali terletak di antara Pulau Jawa dan Pulau Lombok. Ibukota provinsinya ialah Denpasar yang terletak di bagian selatan pulau ini. Mayoritas penduduk Bali adalah pemeluk agama Hindu. Di dunia, Bali terkenal sebagai tujuan pariwisata dengan keunikan berbagai hasil seni-budayanya, khususnya bagi para wisatawan Jepang dan Australia. Bali juga dikenal dengan sebutan Pulau Dewata dan Pulau Seribu Pura.
Sumber: Wikipedia
Berikut merupakan gambar Pulau Dewata, Bali yang sangat terkenal di kancah dunia, kondisi laut dan ombaknya yang sangat indah menjadi daya tarik tersendiri para wisatawan untuk datang ke pulau Bali ini. Selain pantainya yang sangat indah, Bali juga mempunyai budaya yang sangat kental dan unik. Bali mempunyai seni tari yang sangat terkenal juga yang sempat di cap milik Malaysia, akan tetapi pemerintah Malysia sudah meminta maaf karena telah memasukan Tari Bali kedalam promosi wisata Malysia.




Setelah Bali, ada juga tempat wisata yang sangat digandrungi oleh wisatawan asing yaitu Lombok. Lombok juga menyajikan pantai yang sangat eksotis dan dapat memanjakan siapa saja yang berkumjung kesana, selain pantainya yang masih bersih dan alami Lombok juga menampilkan panorama yang sangat memukau. Begitu dalamnya makna Wawasan Nusantara dan terus berkembangnya objek pariwisata turut memajukan bangsa ini kedalam salah satu negara yang menjadi tujuan para wisatawan asing agar berkunjung ke Indonesia.
Selain wisata pantai, terdapat pula objek wisata yang tidak luput dari kunjungan para wisatawan asing, yaitu Candi Borobudur, Danau Toba dan masih banyak lagi. Indonesia juga mempunyai beberapa suku yang masih memegang teguh budaya nenek moyang mereka tersebut diantaranya saja Suku Dhani, Suku Dayak dan Suku Baduy yang terletak di Kab. Lebak Banten.
Suku Baduy merupakan suatu kelompok yang terdiri dari kepala suku dan anggotanya yaitu masyarakat, suku baduy tinggal jauh dari keramaian kota. Mereka hidup di dekat hutan belantara dan tidak memakai listrik samasekali. Jika ingin bepergian tidak ada kata untuk menggunakan kendaran, suku baduy selalu berjalan kaki kemanapun mereka pergi. Mereka hidup dan memenuhi semua kebutuhanya dari alam, baik dari mulai makan dan sebagainya.
Wawasan nusantara juga merupakan cara pandang bangsa Indonesia mengenai banga itu sendiri dan letak geografisnya. Begitu banyak sekali yang bisa kita lihat dan pelajari dari wawasan nusantara negara Indonesia, baik budaya, keindahan alam dan letak geografis Indonesia yang sangat strategis yaitu antara dua samudra dan perbatasan laut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar