Jumat, 25 Maret 2011

Geografi Indonesia

Nama  : Dani Hamdani
NPM    : 16209229
Kelas    : 2EA08

Pada masa karbon benua-benua menyatu membentuk benua besar yang disebut “Pangae”.
Beberapa Teori Gerakan Benua
·         Teori Apungan dan Pergeseran (Albert Wegener)
Benua sekarang dahulunya merupakan satu benua (pangae). Kemudian bergerak dan terpecah-pecah menjadi bagian-bagian yang lebih keci.
·         Teori Kontraksi (Des Cartes).
Bumi susut, mengkerut karena pendinginan sehingga terjadilah lembah-lembah
·         Teori Edward Suess
Adanya persamaan formasi geologi.
Tata Surya yaitu kumpulan benda-benda angkasa; matahari sebagai pusat, planet, satelit, komet dan meteor. Sedangkan Jagat Raya yaitu tempat berkumpulnya benda-benda angkasa yang luasnya tidak dapat diukur.
Indonesia merupakan bagian dari Tata Surya dan Jagat Raya, Indonesia terletak di Asia bagian Tenggara yang diapit oleh dua benua dan dua samudra. Menurut letak  geografisnya Indonesia merupakan negara Trtropis yaitu terdiri dari kepulauan yang sangat banyak dan masih sering dijumpai hutan tropis.
Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia juga sangat amat beragam, keanekaragaman sumber daya hayati Indonesia termasuk dalam golongan tertinggi di dunia, jenis tumbuh-tumbuhan secara keseluruhan ditaksir sebanyak 25000 jenis atau lebih dari 10% dari flora dunia. Tidak kurang dari 40% dari jenis-jenis ini merupakan jenis yang endemic, dari sekian banyak jenis-jeinis tumbuhan tersebut diatas, sebagian besar terdapat di kawasan hujan tropis basah.
Jadi dapat disimpulkan karakteristik flora di Indonesia adalah (1) Umumnya selalu hijau, (2)  jumlah spesies pohon dan tumbuhan banyak, (3) tipe tetumbuhan endemic, (yang hanya terdapat di Indonesia saja, di tepat lain tidak ada).
Pada akhir tahun 1800-an Alfred Russel Wallace mengungkapkan suatu pola yang jelas tentang penyebaran tumbuhan dan hewan yang dikenal dengan “enam daerah biogeografi”. Daerah biogeografi ini merupakan akibat langsung dari usul-usul spesies organisme dan migrasi masa silam. Indonesia termasuk bagiam dari enam biogeografi itu yaitu region Oriental. Di Indonesia terdapat banyak binatang satwa yang dilindungi yaitu Orang Utan, gibbon, kancil, burung berparuh lebar, burung bersiul.
Sumber Daya Alam adalah seua kekayaan berupa benda mati maupun hidup yang dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Terdapat banyak sekali Sumber Daya Alam yang dimnfaatkan oleh kita untuk memenuhi kebutuhan kita. Sungguh sangat kaya negara Indonesia ini.
Terdapat  jenis-jenis Sumber Daya Alam yaitu Sumber Daya Alam yang dapat diperbaharui dan Sumber Daya Alam yang tidak dapat diperbaharui. Minyak bumi, Batubara, timah, tembaga, bauksit merupakan bagian dari sumber daya alam yang sangat bernilai dan tidak dapat diperbaharui keberadaanya.
Untuk menghitung jumlah penduduk Indonesia, pemerintah melakukan Sensus Penduduk. Sensus Penduduk merupakan pengumpulan, pencatatan, pengolahan dan publikasi data demografi untuk seuruh penduduk pada suatu periode tertentu (negara berkembang biasanya 10 tahun sekali).
Suatu wilayah yang ditempati oleh sejumlah penduduk sebagai kesatuan masyarakat hukum yang mempunyai organisasi pemerintah terenda, langsung dibawah cawat dan berhak menyelenggarakan rumah tangganya sendiri dalam ikatan NKRI disebut Desa.
Desa merupakan bagian dari suatu negara yaitu sejumlah kelompok manusia yang berdiam diri di suatu daerah. Ciri-ciri Desa yaitu:
o   Kehidupan masyarakat sangat erat dengan alam.
o   Struktur perekonomian bersifat agraris.
o   Hubungan masyarakat berdasarkan ikatan kekeluargaan.
o   Perkembangan social relative lambat dan control social ditentukan oleh moral dan hukum informal.
o   Norma agama dan hukum adat masih kuat.
o   Perbandingan manusia dan lahan besar.
Desa juga mempunyai fungsi yaitu sebagai sumber bahan makanan, sumber teaga kerja, pusat kerajinan kecil dan potensi keindahan. Jika terdapat Desa maka terdapat juga apa yang disebut dengan Kota.
Kota merupakan sistem jaringan kehidupan yan ditandai dengan kepadatan penduduk yang tinggi, diwarnai dengan strata social ekonomi yang heterogen dan coraknya yang materialistis.
Ciri-ciri Kota
o   Terdapat tempat-tempat untuk pasar dan pertokoan.
o   Terdapat tempat rekreasi dan olahraga.
o   Masyarakatnya heterogen, individualism dan matrealistis.
o   Mata pencaharian masyarakat non-agraris.
o   Corak hidup bersifat Gesellschaft (patembayan)
o   Pandangan hidup rasional.
o   Adanya kompleks-kompleks perumahan.
Sejarah pertumbuhan Kota di Indonesia yaitu dari pusat administrasi pemerintahan missal; Jakarta dan Yogyakarta. Dari pusat pertambangan missal; Soroako, Tembagapura, Banka-Belitung, Balikpapan, Sorong, Arun, Bontan dan dari pusat perkebunan missal; Deli, Palembang, Jambi, Bandung.

GEOGRAFI KAWASAN
Negara Maju dan Negara Berekembang

Ciri-ciri Negara Maju:
o   Sebagian pendapatan Negara berasal dari bidang industry.
o   Pendapatan perkapita tinggi.
o   Angka pertambahan penduduk rata-rata tiap tahun kecil.
o   Sebagian penduduk bertempat tinggal di kota.
o   Tingkat pendidikan penduduk rata-rata tinggi.
o   Menguasai IPTEK
Ciri-ciri Negara Berkembang:
o   Standar hidup rendah.
o   Produktivitas rendah.
o   Pertumbuhan penduduk tinggi.
o   Ketergantungan pada produksi pertanian dan ekspor barang primer.
o   Kurangnya teknologi dan modal,
o   Tingginya angkatan kerja di sektor pertanian.
o   Ketergantungan pada negara maju.
Tulisan di atas adalah bagian dari macam-macam geografi Indonesia yang merupakan bagian dari Wawasan Nusantara Indonesia. Semoga tulisan diatas dapat bermanfaat dan bisa digunakan sebaik-baiknya untul kepentingan bersama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar