Selasa, 09 Oktober 2012

Tugas 2 - Etika Bisnis


Nama  : Dani Hamdani
NPM    : 16209229
Kelas   : 4EA08
ETIKA BISNIS (Tugas 2)

Kick Andy, 5 Oktober 2012
Dalam tayangan Kick Andy pada hari Jum’at tanggal 5 Oktober 2012 yang lalu, topik yang diangkat oleh pembawa acara sangat menarik, yaitu tentang Nilai-nilai kejujuran & Pendidikan anti Korupsi  yang diajarkan pada anak-anak sekolah. Berikut adalah orang-orang yang melawan korupsi.



Bintang tamu pertama dalam acara tersebut  yaitu seorang kepala sekolah SMP Kanisius Kudus bernama Bapak Basuki Sugita, beliau merupakan seorang yang sangat peduli tentang nilai-nilai kejujuran dan pentingnya anti korupsi bagi para siswanya. Beliau melakukan langkah-langkah yang cukup unik dan sangat inspiratif untuk menumbuhkan nilai-nilai kejujuran dalam sekolahnya tersebut, diantaranya mengadakan Kantin Kejujuran, Telepon kejujuran dan Ular tangga anti-Korupsi.



Kantin kejujuran merupakan salah satu tindakan beliau yang pertama di sekolahnya, memang hal ini sudah tidak asing lagi dalam sekolah dan merupakan hal yang sering kita temui di setiap sekolah. Kantin kejujuran ini sudah ada sejak tanggal 19 Desember 2005, pada awal pembukaanya kantin kejujuran ini banyak mengalami kerugian mulai dari kehilangan banyak dagangan sampai tidak mendapat keuntungan sama sekali, namun hal itu tidak membuat putus asa bapak Basuki, beliau terus-menerus menghimbau para siswanya agar jujur dalam bertindak dan akhirnya Kantin Kejujuran tersebut bisa berjalan lancer sampai saat ini.


Hal kedua yang dilakukan Bapak Basuki yaitu mengadakan telepon kejujuran, berawal dari para siswa yang bebas membawa HP ke sekolah dan sampai pada tahun 2006 ada seorang siswa yang kehilangan sebuah HP karena pada saat itu sebelum masuk sekolah semua HP dikumpulkan dan setelah selesai sekolah HP para siswa dikembalikan. Pada saat itu pihak sekolah harus mengganti rugi HP milik siswa tersebut karena pada saat itu disimpan oleh pihak sekolah selama proses mengajar. Mulai saat itu pihak sekolah mengadakan yang namanya Telepon Kejujuran. Mekanisme penggunaanya adalah pihak sekolah yang menyediakan fasilitas telepon selular berupa GSM dan CDMA yang bisa digunakan oleh siswa untuk menelepon jika ada suatu hal yang penting, pihak sekolah memberikan tariff yang sangat murah yaitu Rp. 300,- /menit yang diharapkan dari pengadaan Telepon Kejujuran itu adalah para siswa berlaku jujur atas apa yang mereka lakukan meski pada awalnya pihak sekolah mengalami kerugian tapi sampai saat ini telepon kejujuran ini masih berjalan.
Hal yang terakhir yang dilakukan pihak sekolah untuk menumbuhkan nilai-nilai kejujuran dan anti korupsi yaitu dengan membuat Ular tangga anti korupsi, yaitu suatu permainan ular tangga yang bermaksud mengajarkan siswa agar tidak melakukan korupsi yaitu dengan tidak mengambil jalan pintas dalam permainan tersebut.
Dalam episode tersebut ditanyangkan juga sebuah video yang menyangkan seorang penarik Becak bernma Abdul mukti yang membuka usaha Bensin Kejujuran dan Warung Kejujuran. Kios tersebut tidak ada yang menjaga sama sekali, dalam kios itu terdapat banyak bensin eceran yang bisa kita beli tanpa ada yang menjual dan terdapat warung kejujuran yang bisa kita beli dengan menyimpan uang dalam tempat yang telah disediakan oleh Bapak Abdul Mukti, beliau bermaksud ingin mengajarkan tentang kejujuran kepada masyarkat luas dengan diadakannya Bensin Kejujuran dan Warung Kejujuran.



Selanjutnya adalah seorang siswa SMP 2 Bandung bernama Fahma w Rosmansyah, dia adalah salah satu anak yang melawan korupsi dengan caranya sendiri yaitu dengan membuat sebuah aplikasi game untuk iPad dan produk Apple lainya, game tersebut diberi nama “Raid the Rats” yaitu sebuah game yang menggambarkan seorang pahlawan berbentuk burung garuda sebagai lambing negara Indonesia yang menghancurkan tikus-tikus dengan sebuah bamboo runcing yang diibaratkan tikus tersebut adalah sifat para koruptor itu sendiri yang berarti lincah dan licin.



Korupsi sendiri diartikan oleh Fahma sebagai penjahat yang mencuri atau mengambil yang yang bukan hak dia. Dari situlah Fahma mendapat ide untuk membuat game anti korupsi itu yang ditujukan kepada masyarakat bahaya korupsi itu.



Ada juga yang membuat situs korupedia.org yaitu situs yang memuat daftar-daftar para koruptor yang sedang maupun yang sudah menjalani hukuman yang bertujuan agar masyarakat salalu ingat kepada keljahatan yang pernah dilakukan oleh para koruptor tersebut.
Yang terakir dalam Kick Andy episode ini adalah sebuah kumpulan film-film pendek yang diberi judul “Kita vs Korupsi” (K vs K), kumpulan film ini merupakan suatu cara yang dilakukan para sutradara muda berbakat Indonesia untuk melawan korupsi yang telah ramai saat ini di Indonesia. Dari film K vs K ini dapat diambil hikmah bahwa pada saat ini korupsi tidak hanya dilakukan oleh pejabat besar saja akan tetapi dalam lingkungan keluarga, teman sekolah, masyarakat dan para pejabat tinggi negara.
Dari semua tulisan diatas dapat disimpulakan bahwa sangat penting sekali mempelajari nilai-nilai kejujuran dan anti korupsi, bahkan  pada usia dini anak-anak harus diajarkan tentang arti kejujuran dan bahaya korupsi bagi kehidupan mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar