Kamis, 18 Oktober 2012

Etika Bisnis - Perbandingan Produk Motor

Nama : Dani Hamdani
NPM : 16209229
Kelas : 4EA08
ETIKA BISNIS

Produk Motor Piaggio Zip 100

Pada zaman modern sekarang ini persaingan industri otomotif di Indonesia maupun dunia sangatlah ketat, banyak sekali pilihan-pilihan kendaraan motor maupun mobil yang menyajikan kelebihan produknya masing-masing. Seiring bertambahnya penduduk yang datang ke ibukota dan semakin macetnya jalanan di Jakarta kendaraan roda dua menjadi salah satu kebutuhan yang sangat penting terutama bagi mahasiswa dan pekerja untuk melakukan aktivitasnya. Yang menjadi pilihan banyak orang kebanyakan saat ini adalah menggunakan motor matic, dikarenakan pengguna motor tidak harus mengoper gigi yang membuat kaki pegal.
Motor Vespa Piaggio merupakan motor yang telah lama ada di Indonesia, kehadirannya membawa keanekaragaman kendaraan motor di Indonesia. Body yang unik dan lebar menjadi salah satu ciri khas dari motor tersebut. Kini Vespa Piaggio menjawab kerinduan para pecinta motor scooter dengan hadirnya motor Vespa Piagio matic dengan desain dan teknologi yang sangat canggih.



Banyak variant yang ditawarkan pabrikan Italia ini, salah satunya adalah Piaggio Zip 100. Piaggio ZIP 100 identik dengan salah satu kesuksesan Piaggio yang terjual lebih dari 750 ribu unit sejak kehadirannya di industry otomotif roda dua. Sebagai sebuah referensi di segmentasi compact scooter, Zip merupakan sebuah produk scooter matic yang terkenal dan popular di Eropa khususnya di Indonesia sendiri, dan di berbagai negara di dunia terutama dikalangan wanita dan orang dewasa.
Piaggio ZIP 100 adalah scooter yang mengusung desain modern, simple dengan garis sederhana yang menyiratkan karakter Piaggio yang sempurna. Mengendarai Piaggio ZIP 100 sangatlah mudah dan meyenangkan, aman serta mengasyikkan.
Piaggio Zip dilengkapi dengan mesin 4 tak 2 valve berkapasitas 100cc yang efisien dan ramah lingkungan.



Kekurangan motor ini mungkin hanya pada sistem pembakaran yanga masih menggunakan sistem karburator. Sedangkaan saat ini pesaing lain sudah menggunakan siste injection.






Spesifikasi Piaggio Zip 100
TYPE :            ZIP 100
Harga  : Rp 15.500.000,-

MESIN
L.E.A.D.E.R.
4 Langkah silinder tunggal, 2 katup
Sistem Pembakaran
Karburator
Kapasitas
96 cc
Daya Maksimum
4.2 kW / 7.000 rpm
Torsi Maksimum
6.8 Nm / 6.000 rpm
Sistem Pendinginan
Udara
Transmisi
CVT Otomatis
Suspensi Depan
Garpu Teleskopis dengan peredam kejut 
Suspensi Belakang
Peredam kejut double acting dengan 4 setting adjustable
Rem Depan
Cakram
Rem Belakang
Tromol
Ban Depan
Tubeless 100/80 - 10"
Ban Belakang
Tubeless 120/70 - 10"
Panjang
1.700 mm
Lebar
680 mm
Jarak Sumbu Roda
1.200 mm
Jarak Jok ke Tanah
110 mm
Kapasitas Tangki
7 L
Emisi
EURO 2

Di Indonesia ada juga motor sejenis dari pabrikan lain seperti
Honda Scoopy



dan ada juga Yamah Mio Fino


Kedua produk ini akan di jelaskan oleh anggota kelompok saya yaitu Boby Hermawan dan Kevin Nicholas.

Sekilas tentang Vespa Piaggio

Piaggio dibangun oleh pemuda berusia 24 tahun bernama Rinaldo Piaggio di 1884 dengan memproduksi kapal mewah, kereta, mesin hingga body truk. Terjadinya Perang Dunia 1 membawa perubahan terhadap aktivitas Piaggio selama beberapa decade. Mereka mulai memproduksi pesawat dan seaplanes alias pesawat yang memiliki kemampuan mendarat di atas air. Untuk menunjang produksinya, mereka membutuhkan fasilitas produksi yang lebih banyak. Di 1917 Piaggio membangun pabrik baru di Pisa, diikuti oleh pabrik di Pontedera empat tahun berikutnya. Sebelum dan sesudah Perang Dunia II, Piaggio menjadi salah satu produsen pesawat terbaik di Italia sebelum akhirnya pabriknya hancur akibat perang.
Lepas perang berakhir, Putra Rinaldo Piaggio, Enrico dan Armando membangun kembali pabrik di Pontedera yang luluh lantah. Setelah membawa mesin dari pabrik Biella, Enrico kembali memproduksi sebuah produk yang fokus  terhadap mobilitas personal. Dia menggunakan sebagian intuisinya untuk mengembangkan kendaraan dengan desain luar biasa berkat tangan dingin insinyur aeronautika, Corradino D’Ascanio.  Vespa – yang dalam bahasa Italia berarti Lebah merupakan buah dari determinasi Enrico Piaggio yang bersikeras untuk membuat sebuah produk dengan biaya rendah.
Selama lebih dari 6 dekade mendominasi segmen skuter, Vespa hingga saat ini menjadi contoh unik industri desain yang tidak akan pernah mati. Berkat inovasi baik teknologi maupun desain yang telah dituangkan telah membuat produk Vespa lambat laun berubah dari sebuah produk transportasi menjadi salah satu bagian dari sejarah sosial.
Vespa merupakan simbol dari kreativitas ala Italia yang termashyur di seluruh dunia yang dibuktikan oleh kesuksesan penjualan dari tahun ke tahun. Vespa juga terkenal sebagai salah satu merk yang bernaung di bawah payung Piaggio Group yang bermarkas di Pontedera (Pisa) dan menjadi salah satu pimpinan manufaktur roda dua di dunia.

Piaggio Group secara global memiliki beberapa pabrik, antara lain: Pontedera (Pisa) yang memproduksi merk Piaggio, Vespa dan Gilera; Scorze (Venice) tempat memproduksi Aprilia dan Scarabeo; Mandello del Lario (Lecco) untuk merk Moto Guzzi; Baramati (India) yang 

Sumber: www.id.vespa.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar