Sabtu, 17 Maret 2012

Aliran Dana Bank


Nama : Dani Hamdani
NPM   : 16209229
Kelas  : 3EA08
Aliran Dana Bank
Terdapat dua bagian atau dua sisi dalam Bank yaitu sisi aktiva (Assets) dan sisi pasiva (Liabilities). Dalam tulisan ini akan mencoba menjelaskan secara ringkas bagian-bagian yang temasuk dalam sisi aktiva maupun pasiva.
PASIVA (LIABILITIES)
Dimulai dari sisi pasiva atau biasa disebut dengan sisi liabilities, dalam sisi ini merupakan sisi yang wajib atau kewajiban yang harus dipenuhi diantaranya yang terdapat dalam sisi pasiva  adalah Deposit, Securities dan Capital. Yang pertama dalam sisi pasiva adalah Capital diantaranya adalah setoran modal dan stock/saham yang nantinya akan menghasilkan deviden, ini merupakan bagian pertama dari sisi liabilities pada Bank. Lalu bagian yang kedua adalah securities atau surat berharga yang dintaranya adalah KLBI (Kredit Likuiditas Bank Indonesia) dan pinjaman lain/obligasi. Surat berharga terdapat juga di sisi Aktiva dan untuk membedakanya antara Securities dalam sisi aktiva dan pasiva adalah melihat debet kreditnya.
Sisi liabilities yang selanjutnya adalah Deposit, yang termasuk kedalam deposit adalah Saving deposit, demand deposit & time deposit. Pada bagian ini masyarakat mempunyai peran yang sangat penting karena masyarakat yang menyimpan tabungan kepada bank sehingga pada bagian Deposit menghasilkan Cash Inflow yang nantinya akan berpengaruh pada sisi Aktiva (Assets).
AKTIVA (ASSETS)
Pada sisi Assets sendiri terdiri dari Reserves, LOAN/Kredit, Securities dan other assets. Reserves atau cadangan adalah hal yang paling terpenting yang harus dimiliki oleh setiap bank adalah Kas dan R/k pada BI atau sering disebut rekening Koran pada Bank Indonesia. Loan/kredit itu sendiri menghasilkan Cash outflow pada sisi assets. Securities terdapat juga pada sisi assets dan untuk membedakannya sama seperti yang  telah diterangkan diatas yaitu dengan melihat debet kreditnya terlebih dahulu.
Cash outflow pada assets minimal 8% dari deposit atau sering disebut Legal Reserve Requirment “LRR” yang terdiri dari Likuiditas dan Media transaksi Kliring

Tidak ada komentar:

Posting Komentar