Minggu, 16 Oktober 2011

Tugas 4 Perilaku Konsumen

Nama    : Dani Hamdani
NPM      : 16209229
Kelas     : 3EA08
PERILAKU KONSUMEN
“Pembelian”
Tulisan ini adalah bagian dari tugas Perilaku Konsumen tentang materi PEMBELIAN. Semoga bisa bermanfaat bagi siapa saja yang membaca tulisan ini. Tentu sudah sering sekali kita melakukan kegiatan pembelian, bahkan setiap hari kita bisa melakukan transaksi pembelian. Apakah yang dmaksud dengan pebelian?
Definisi Pembelian
Purchasing atau pembelian sinonim dengan procurement atau pengadaan barang. Berikut adalah definisi procurement menurut Bodnar dan Hopwood (2001:323), yaitu: “Procurement is the business process of selecting a source, ordering, and acquiring goods or services.”
Brown dkk. (2001:132) mengataan bahwa secara umum pembelian bisa didefinisikan sebagai: “managing the inputs into the organization’s transformation (production process).” Pendapatan tersebut kurang lebih mempunyai arti bahwa pembelian merupakan pengelolaan masukan ke dalam proses produksi organisasi.
Berikut adalah pendapat Galloway dkk. (2003:31) mengenai fungsi pembelian, yaitu: “The role of purchasing function is to make materials and parts of the right quality and quantity avaible for use by operations at the right timeand the right place.” Pendapat tersebut kurang lebih mempunyai arti bahwa peran fungsi pembelian adalah untuk mengadakan material dan part pada kualitas yang tepat dan kuantitas yang tersedia untuk digunakan dalam operasi pada waktu yang tepat dan tempat yang tepat.
Berikut adalah beberapa alasan mengapa pembelian merupakan area yang penting yang dikemukakan Brown dkk. (2001:131),yaitu:
1.       Fungsi pembelian memiiki tanggung jawab  untuk mengelola masukan perusahaan pada pengiriman kualitas dan harga yang tepat yang meliputi bahan baku jasa dan sub-assemblies untuk keperluan organisasi.
2.       Berbagai penghematan  yang berhasil dicapai lewat pembelian secara langsung direfleksikan pada lini dasar organisasi. Dengan kata lain, begitu penghematan harga dibuat maka akan mempunyai pengaruh yang langsung terhadap sturktur biaya perusahaan. Sehingga sering dikatakan bahwa penghematan pembelian 1% ekivalen dengan peningkatan penjualan sebesar 10%.
3.       Pembelian dan suplai material mempunyai kaitan dengan semua aspek operasi manajemen.

Tugas dan tanggung jawab fungsi pembelian
1.       Bertanggung jawab atas pelaksanaan pembelian bahan-bahan agar rencana operasi dapat dipenuhi dan pembelian bahan-bahan tersebut pada tingkat harga dimana perusahaan akan mampu bersaing dalam memasarkan produknya.
2.       Bertanggung jawab atas usaha-usaha untuk dapat mengikuti perkembangan bahan-bahan baru yang dapat menguntungkan dalam proses produksi perkembangan dalam desain harga dan faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi produk perusahaan harga serta desainya.
3.       Betanggung jawab untuk menurunkan investasi atau meningkatkan perputaran bahan, yaitu dengan penentuan skedu arus bahan ke dalam pabrik dalam jumlah yang cukup untuk memenuhi kebutuhan produksi.
4.       Bertanggung jawab atas kegiatan penelitian dengan menyelidiki data-data dan perkembangan pasar perbedaan sumber-sumber pebawaran dan memeriksa pabrik supplier untu mengetahui kapasitas dan kemampuannya dalam memenuhi kebutuhan-kebutuhan perusahaan.
5.       Bertanggung jawab atas pengawasan persedian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar