Senin, 26 September 2011

Definisi Ekonomi Manajerial

Nama  : Dani Hamdani
NPM   : 16209229
Kelas   : 3EA08

DEFINISI EKONOMI MANAJERIAL
PENDAHULUAN
Tugas ini merupakan bagian dari rangkaian mata kuliah yang didapat di Semester 5, didalamnya akan diterangkan tentang definisi atau pengertian Ekonomi Manajerial beserta perananya.
Di zama Globalisasi ini perkembangan ekonomi baik di negara maju maupun negara berkembang seperti di Indonesian ini sangatlah cepat ditambah dengan teknologi sekarang yang semakin canggih. Teknologi yang semakin canggih ini memudahkan perusahaan untuk memantau, bertaransaksi maupun berkomunikasi dengan jarak  jauh.
Perusahaan tentu membutuhkan SDA (Sumber Daya Manusia) yang unggul dan mempunyai skill agar perusahaanya bisa maju dan berkembang. Untuk itu perusahaan, manajer, direktur, dll perlu menerapkan Ekonomi Manajerial.



PEMBAHASAN

1.1  Definisi
Ekonomi manajerial adalah aplikasi teori ekonomi dan perangkat analisis ilmu keputusan untuk membahas bagaimana suatu organisasi dapat mencapai tujuan atau maksudnya dengan cara yang paling efisien. Ekonomi manajerial berhubungan dengan area fungsional ilmu administrasi bisnis yang meliputi akuntansi, keuangan, pemasaran, manajemen sumber daya manusia, dan produksi.

Pengertian lain dikutip dari EKONOMI MANAJERIAL (James L. Pappas & Mark Hirschey, Edisi Indonesia : Drs. Daniel wirajaya) menerangkan bahwa Ekonomi Manajerial yaitu Menerapkan teori dan metode ekonomi dalam bisnis dan pengambilan keputusan administrative. Menggambarkan bagaimana kekuatan-kekuatan ekonomi mempengaruhi dan dipengaruhi oleh keputusan-keputusan manajerial.

1.2  Keterkaitan dengan Teori Ekonomi
Suatu organisasi dapat memecahkan masalah keputusan manajemennya dengan menerapkan teori ekonomi dan perangkat ilmu keputusan. Teori ekonomi mengacu ada teori ekonomi mikro dan ekonomi makro. Ekonomi mikro adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku ekonomis secara individual sebagai unit pengambil keputusan, seperti konsumen individu, pemilik sumber daya, dan perusahaan bisnis,di dalam sistem perdagangan bisnis, di dalam sistem perdagangan bebas. Ekonomi makro, sebaliknya, adalah ilmu yang membahas tentang output, pendapatan, pekerjaan, konsumsi, investasi, dan harga secara total atau agregat di perekonomian dilihat secara keseluruhan.

1.3 Peran Ekonomi Manajerial dan Pengambilan Keputusan Manajerial



Masalah Keputusan Manajemen :
  • Harga dan keluaran produk
  • Membuat atau membeli
  • Teknik Produksi
  • Tingkat Persediaan
  • Media dan Instansi Periklanan
  • Penerimaan dan Pelatihan Tenaga Kerja
  • Investasi dan Pendanaan

Konsep Ekonomi

Kerangka Kerja untuk Keputusan :
·               Teori Perilaku Konsumen
·               Teori Perusahaan
·               Teori Struktur dan Penetapan Harga Pasara



Ilmu Keputusan

Alat dan teknik Analisis :
  • Analisis Numerik
  • Estimasi Statistik
  • Peramalan
  • Teori Permainan
  • Optimisasi

Ekonomi Manajerial

Penggunaan konsep ekonomi dan Metodologi ilmu keputusan untuk memecahkan masalah-masalah keputusan manajerial
Pemecahan optimal terhadap masalah-masalah Keputusan Manajerial


PENUTUP
Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa Ekonomi Manajerial sangat dibutuhkan di setiap perusahaan karena berguna untuk mengambil keputusan yang paling efektif dan efisien daidalam suatu organisasi atau perusahaan agar tidak terjadi salah langkah dalam mengambil keputusan.
Semoga penjelasan yang singkat ini dapat bermanfaat bagi siapa saja yang membaca terutama bagi rekan-rekan mahasiswa khususnya mahasiswa Universitas Gunadarma. Mohon maaf jika ada kesalahan dalam penulisan, dll.





Tidak ada komentar:

Poskan Komentar