NPM : 16209229
Kelas : 4EA08
ETIKA BISNIS
Produk Motor Piaggio Zip 100
Pada
zaman modern sekarang ini persaingan industri otomotif di Indonesia maupun
dunia sangatlah ketat, banyak sekali pilihan-pilihan kendaraan motor maupun
mobil yang menyajikan kelebihan produknya masing-masing. Seiring bertambahnya
penduduk yang datang ke ibukota dan semakin macetnya jalanan di Jakarta
kendaraan roda dua menjadi salah satu kebutuhan yang sangat penting terutama
bagi mahasiswa dan pekerja untuk melakukan aktivitasnya. Yang menjadi pilihan
banyak orang kebanyakan saat ini adalah menggunakan motor matic, dikarenakan
pengguna motor tidak harus mengoper gigi yang membuat kaki pegal.
Motor
Vespa Piaggio merupakan motor yang telah lama ada di Indonesia, kehadirannya
membawa keanekaragaman kendaraan motor di Indonesia. Body yang unik dan lebar
menjadi salah satu ciri khas dari motor tersebut. Kini Vespa Piaggio menjawab
kerinduan para pecinta motor scooter dengan hadirnya motor Vespa Piagio matic
dengan desain dan teknologi yang sangat canggih.
Banyak variant yang ditawarkan
pabrikan Italia ini, salah satunya adalah Piaggio Zip 100. Piaggio ZIP 100 identik
dengan salah satu kesuksesan Piaggio yang terjual lebih dari 750 ribu unit
sejak kehadirannya di industry otomotif roda dua. Sebagai sebuah referensi di
segmentasi compact scooter, Zip merupakan sebuah produk scooter matic yang
terkenal dan popular di Eropa khususnya di Indonesia sendiri, dan di berbagai
negara di dunia terutama dikalangan wanita dan orang dewasa.
Piaggio ZIP 100 adalah scooter yang
mengusung desain modern, simple dengan garis sederhana yang menyiratkan
karakter Piaggio yang sempurna. Mengendarai Piaggio ZIP 100 sangatlah mudah dan
meyenangkan, aman serta mengasyikkan.
Piaggio Zip dilengkapi dengan mesin
4 tak 2 valve berkapasitas 100cc yang efisien dan ramah lingkungan.
Kekurangan
motor ini mungkin hanya pada sistem pembakaran yanga masih menggunakan sistem
karburator. Sedangkaan saat ini pesaing lain sudah menggunakan siste injection.
Spesifikasi Piaggio Zip 100
TYPE : ZIP 100
Harga : Rp 15.500.000,-
MESIN
L.E.A.D.E.R.
4 Langkah silinder tunggal, 2 katup
Sistem Pembakaran
Karburator
Kapasitas
96 cc
Daya Maksimum
4.2 kW / 7.000 rpm
Torsi Maksimum
6.8 Nm / 6.000 rpm
Sistem Pendinginan
Udara
Transmisi
CVT Otomatis
Suspensi Depan
Garpu Teleskopis dengan peredam kejut
Suspensi Belakang
Peredam kejut double acting dengan 4 setting adjustable
Rem Depan
Cakram
Rem Belakang
Tromol
Ban Depan
Tubeless 100/80 - 10"
Ban Belakang
Tubeless 120/70 - 10"
Panjang
1.700 mm
Lebar
680 mm
Jarak Sumbu Roda
1.200 mm
Jarak Jok ke Tanah
110 mm
Kapasitas Tangki
7 L
Emisi
EURO 2
Harga : Rp 15.500.000,-
MESIN
L.E.A.D.E.R.
4 Langkah silinder tunggal, 2 katup
Sistem Pembakaran
Karburator
Kapasitas
96 cc
Daya Maksimum
4.2 kW / 7.000 rpm
Torsi Maksimum
6.8 Nm / 6.000 rpm
Sistem Pendinginan
Udara
Transmisi
CVT Otomatis
Suspensi Depan
Garpu Teleskopis dengan peredam kejut
Suspensi Belakang
Peredam kejut double acting dengan 4 setting adjustable
Rem Depan
Cakram
Rem Belakang
Tromol
Ban Depan
Tubeless 100/80 - 10"
Ban Belakang
Tubeless 120/70 - 10"
Panjang
1.700 mm
Lebar
680 mm
Jarak Sumbu Roda
1.200 mm
Jarak Jok ke Tanah
110 mm
Kapasitas Tangki
7 L
Emisi
EURO 2
Di Indonesia ada juga motor sejenis dari pabrikan lain seperti
Honda Scoopy
dan ada juga Yamah Mio Fino
Kedua produk ini akan di jelaskan oleh anggota kelompok saya yaitu Boby Hermawan dan Kevin Nicholas.
Sekilas tentang Vespa Piaggio
Piaggio
dibangun oleh pemuda berusia 24 tahun bernama Rinaldo Piaggio di 1884 dengan
memproduksi kapal mewah, kereta, mesin hingga body truk. Terjadinya Perang
Dunia 1 membawa perubahan terhadap aktivitas Piaggio selama beberapa decade.
Mereka mulai memproduksi pesawat dan seaplanes alias pesawat yang memiliki
kemampuan mendarat di atas air. Untuk menunjang produksinya, mereka membutuhkan
fasilitas produksi yang lebih banyak. Di 1917 Piaggio membangun pabrik baru di
Pisa, diikuti oleh pabrik di Pontedera empat tahun berikutnya. Sebelum dan
sesudah Perang Dunia II, Piaggio menjadi salah satu produsen pesawat terbaik di
Italia sebelum akhirnya pabriknya hancur akibat perang.
Lepas
perang berakhir, Putra Rinaldo Piaggio, Enrico dan Armando membangun kembali
pabrik di Pontedera yang luluh lantah. Setelah membawa mesin dari pabrik
Biella, Enrico kembali memproduksi sebuah produk yang fokus terhadap
mobilitas personal. Dia menggunakan sebagian intuisinya untuk mengembangkan kendaraan
dengan desain luar biasa berkat tangan dingin insinyur aeronautika, Corradino
D’Ascanio. Vespa – yang dalam bahasa Italia berarti Lebah merupakan buah
dari determinasi Enrico Piaggio yang bersikeras untuk membuat sebuah produk
dengan biaya rendah.
Selama
lebih dari 6 dekade mendominasi segmen skuter, Vespa hingga saat ini menjadi
contoh unik industri desain yang tidak akan pernah mati. Berkat inovasi baik
teknologi maupun desain yang telah dituangkan telah membuat produk Vespa lambat
laun berubah dari sebuah produk transportasi menjadi salah satu bagian dari
sejarah sosial.
Vespa
merupakan simbol dari kreativitas ala Italia yang termashyur di seluruh dunia
yang dibuktikan oleh kesuksesan penjualan dari tahun ke tahun. Vespa juga
terkenal sebagai salah satu merk yang bernaung di bawah payung Piaggio Group
yang bermarkas di Pontedera (Pisa) dan menjadi salah satu pimpinan manufaktur
roda dua di dunia.
Piaggio
Group secara global memiliki beberapa pabrik, antara lain: Pontedera (Pisa)
yang memproduksi merk Piaggio, Vespa dan Gilera; Scorze (Venice) tempat
memproduksi Aprilia dan Scarabeo; Mandello del Lario (Lecco) untuk merk Moto
Guzzi; Baramati (India) yang
Sumber: www.id.vespa.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar