ANALISIS KEPUASAN
KONSUMEN TERHADAP PELAYANAN PADA MIE AYAM HAJI KOKO
TUGAS PENULISAN
RISET
Penulisan
ini diajukan guna melengkapi tugas softskill mata kuliah Bahasa Indonesia 2
Kelas 3EA08 Jurusan Manajemen
jenjang Strata Satu
Fakultas Ekonomi Universitas Gunadarma
Fakultas Ekonomi Universitas Gunadarma
Nama
Kelompok :
·
Dani
Hamdani/16209229
·
Nasrullahi
Qorib Aziz/16209314
·
Satrio
Wibowo/10209358
·
Moh.
Sofyan/14209322
FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS GUNADARMA
JAKARTA 2012
BAB I
TUJUAN DAN
SASARAN
1.1 Latar Belakang Masalah
Pada perusahaan jasa, pelayanan
merupakan strategi perusahaan untuk merebut pangsa pasar dalam menghadapi
persaingan dengan memberikan pelayanan yang terbaik dan berkualitas untuk
memuaskan konsumen. Konsumen akan mendapat kepuasan apabila persepsi akan suatu
produk atau jasa sama atau lebih dari yang diharapkan yang salah satunya adalah
dari pelayanan yang diberikan oleh penyedia jasa. Salah satu perusahaan jasa
yang berkembang saat ini adalah bisnis restoran.
Restoran adalah suatu tempat yang
diorganisasi secara komersial, yang menyelenggarakan pelayanan dengan baik
kepada semua tamunya baik berupa makanan dan minuman. Tujuan operasi restoran
tidak hanya untuk mencari keuntungan, tetapi juga membuat puas para tamu atau
konsumen yang datang.
Dewasa ini persaingan antara bisnis
restoran makanan semakin ketat yang ditandai dengan banyaknya restoran yang
tumbuh dan berkembang. Persaingan ini juga disebabkan karena semakin tingginya
tingkat konsumtif masyarakat terhadap makanan, yang merupakan urutanteratas
dalam pemenuhan kebutuhan primer manusia. Untuk dapat unggul dan mampu
mempertahankan usaha serta pelanggannya, perusahaan harus bisa memberikan nilai
yang lebih dari pesaingnya melalui upaya-upaya yang kreatif dan inovatif.
Mie ayam Haji Koko merupakan salah
satu restoran makanan cepat saji yang sangat potensial karena memiliki beberapa
faktor penunjang diantaranya letak yang strategis. Mie ayam Haji Koko terus
berkembang karena memiliki tekat dan komitmen untuk terus memberikan yang
terbaik kepada pelanggannya, salah satunya dengan memberikan pelayanan yang
profesional yaitu menyajikan makanan dengan cepat dan tepat.
Berdasarkan uraian diatas maka
penulis ingin mencoba membahas tentang masalah ini sebagai objek dalam tugas
ini, dengan judul: “ANALISIS KEPUASAN
KONSUMEN TERHADAP PELAYANAN PADA MIE AYAM HAJI KOKO”.
1.2
Rumusan Masalah
Rumusan
masalah :
Kepuasan konsumen sangat berpengaruh
sekali bagi perkembangan Mie ayam Haji Koko dimasa mendatang. Dengan adanya
permasalahan tersebut maka penulis merumuskan permasalahan sebagai berikut :
1. Berapa
besar tingkat kepuasan konsumen pada Mie ayam Haji Koko?
2. Faktor-faktor
apa saja yang mempengaruhi tingkat kepuasan konsumen terhadap pelayanan pada
Mie ayam Haji Koko?
Batasan
masalah:
Dalam penulisan ini penulis
membatasi masalah pada analisis kepuasan konsumen terhadap pelayanan di Mie
ayam Haji Koko pada bulan Mei 2012.
1.3 Tujuan Penelitian
Adapun
tujuan dari penulisan ilmiah ini adalah :
1. Sebagai
pendorong untuk meningkatkan pelayanan pada Mie ayam Haji Koko, seperti
keramahan, kesopanan,dan ketepatan.
2. Untuk
mengetahui dan menganalisis dengan menggunakan metode uji normalitas satu
proporsi dan LSR.
1.4 Manfaat Penelitian
1. Manfaat Akademis : penulis mambahas
masalah ini untuk dapat mengetahui tingkat kepuasan konsumen pada Mie ayam Haji
Koko.
2.
Manfaat Praktis : Penulis membahas masalah kepuasan konsumen ini sebagai
masukan untuk Mie ayam Haji Koko dalam meningkatkan tingkat pelayanan terhadap
konsumen.
1.5 Metode Penelitian
1.5.1 Objek Penelitian
Objek penelitian dilakukan pada Mie
ayam Haji Koko di jalan Kecapi raya, Jatiwarna, Bekasi.
1.5.2 Data/Variabel
Data yang diambil penulis adalah
data primer, yaitu data yang diperoleh langsung dari objek yang diteliti, dalam
hal ini data yang diperoleh dari hasil wawancara kepada subjek yang
bersangkutan dalam penelitian, subjek penelitian tersebut adalah konsumen pada
Mie ayam Haji Koko yang ditemui di lokasi penelitian.
1.5.3 Metode Pengumpulan Data
Dalam penulisan ilmiah ini penulis
menggunakan metode penelitian langsung, yaitu dengan cara pengumpulan data kualitatif:
a. Riset
lapangan
Wawancara
Yaitu
pengumpulan data dengan bertanya langsung kepada responden dan pihak-pihak
tertentu yang berhubungan langsung dengan pengumpulan data dalam penelitian
ini, data tersebut yaitu mengenai mana responden, jenis kelamin, pekerjaan dan
lain-lain.
1.5.4 Hipotesis
Hipotesis yang akan dibuktikan oleh
penulis yaitu:
a. Ho
: konsumen merasa puas terhadap pelayanan pada Mie ayam Haji Koko.
Hi : konsumen merasa tidak puas terhadap
pelayanan pada Mie ayam Haji Koko.
b. Po>50%
= Puas
Po<50% = Tidak Puas
1.5.5 Alat Analisis yang Digunakan
Metode yang digunakan untuk
mengelolah data dalam penulisan ilmiah ini adalah Uji Normalitas Satu Proporsi
dan Likert’s Summated Rating (LSR).
BAB II
RISET SEJENIS
2.1 Kerangka Teori
2.1.1
Pengertian
pemasaran
Pemasaran
merupakan salah satu komponen penting dari manajemen suatu perusahaan disamping
unsur lain yang membentuknya yaitu komponen keuangan, produksi, dan sumber daya
manusia.
Pengertian
definisi pemasaran telah banyak dijabarkan oleh para pakar ekonomi, seperti
dijelaskan oleh Philip kotler dan Amstrong didalam bukunya dasar-dasar
pemasaran (1997;6), yang menyebutkan :
“pemasaran adalah suatu proses social dan
manajerial dimana individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan
serta inginkan lewat penciptaan dan pertukaran timbal balik produk dan nilai
dengan orang lain”.
2.1.2
Pengertian
jasa
Menurut
DR. Basu Swasta (2000;488) definisi jasa adalah kegiatan manfaat atau kepuasan
yang ditawarkan untuk jual beli.
Menurut
Philip Kotler (2002;486) pengertian jasa adalah setiap tindakan atau kegiatan
yang dapat ditawarkan oleh satu pihak kepada pihak lain, yang pada dasarnya
tidak berwujud dan tidak mengakibatkan kepemilikan apapun.
2.2
kepuasan
pelanggan
faktor
penting yang sekarang harus diperhatikan saat ini adalah kepuasan pelanggan.
Jika pelanggan tidak puas maka ia akan menghentikan dan berpindah ke tempat
lain yang lebih baik. Semua upaya yang akan dilakukan untuk mencapai mutu dan
memberikan pelayanan yang unggul tidak ada artinya sama sekali jika tidak
berusaha untuk memuaskan pelanggan.
Kepuasan
pelanggan adalah persepsi pelanggan bahwa harapannya telah terpenuhi atau
terlampaui (Richard.F.Gerson,2004;3).
Faktor yang mempengaruhi kepuasan
pelanggan adalah mutu dan pelayanan. Mutu dan pelayanan adalah sarana untuk
mencapai kepuasan dan ikatan (Richard.F.Gerson,2004;4). Kepuasan konsumen akan
terpenuhi apabila proses penyampaian jasa dari si pemberi jasa kepada konsumen
sesuai dengan apa yang dipersepsikan konsumen.
2.3
Alat
analisis
·
Uji Normalitas Satu Proporsi
Untuk mengetahui
prilaku konsumen terhadap pelayanan pada Mie ayam Haji Koko, maka dugunakan
analisis uji normalitas satu proporsi. Pengabilan data dilkukan dengan
wawancara pada 50 responden dimana langkah-langkah pengujian hipotesis proporsi
yang digunakan adalah satu proporsi. Menurut Ronal E. Walpole (1992;317),
langkah-langkah pengujian hipotesisnya adalah :
1. Tentukan
hipotesis
Ho : P = Po,P< Po,
P>Po
Hi : P = Po,P>Po, P<Po
2. Tentukan
α dan wilayah kritik (Z)
3. Statistik
uji Z = X-(n.Po)
√n. Po.Qo
4. Dimana
P :
proporsi yang diinginkan/ diharapkan
Po
: proporsi keberhasilan yang
diHipotesiskan
Qo
: Proporsi kegagalan
Po + Qo = 1
N
: Banyaknya sampel
X
: Banyaknya keberhasilan dari
sampel
α : Tingkat kesalahan
Ho
: Hipotesa awal yang diharapkan akan
ditolak
Hi
: Hipotesa alternative
·
Metode Liker’s Summated Rating (LSR)
LSR
adalah metode pengukuran sikap (Atitude) yang banyak digunakan dalam penelitian
social karena kesederhanaannya. LSR sangat bermanfaat untuk membandingkan skor
sikap seseorang dengan distribusi skala dari sekelompok orang lainnya, serta
untuk melihat perkembangan atau perubahan sikap sebelumnya dan sesudah
eksperimen atau kegiatan.
BAB III
PENGOLAH DATA
DAN ANALISIS
3.1 Objek penelitian
Objek
penelitian dilakukan pada Mie ayam Haji Koko di jalan Kecapi raya, Jatiwarna,
Bekasi.
3.2 Data/Variabel
Data yang diambil penulis adalah
data primer, yaitu data yang diperoleh langsung dari objek yang diteliti, dalam
hal ini data yang diperoleh dari hasil wawancara kepada subjek yang
bersangkutan dalam penelitian, subjek penelitian tersebut adalah konsumen pada
Mie ayam Haji Koko yang ditemui di lokasi penelitian.
3.3 Metode Pengumpulan Data
Dalam penulisan ilmiah ini penulis
menggunakan metode penelitian langsung, yaitu dengan cara pengumpulan data
kualitatif:
a. Riset
lapangan
Wawancara
Yaitu pengumpulan data dengan bertanya langsung kepada
responden dan pihak-pihak tertentu yang berhubungan langsung dengan pengumpulan
data dalam penelitian ini, data tersebut yaitu mengenai mana responden, jenis
kelamin, pekerjaan dan lain-lain.
BAB IV
HUBUNGAN
ANALISIS
4.1 Hipotesis
Hipotesis
statistic adalah pernyataan atau dugaan mengenai satu atau lebih populasi.
Benar atau salahnya suatu hipotesis tidak akan pernah diketahui dengan pasti,
kecuali bila sudah memeriksa sampel yang dijadikan bahan pengujian.
Hipotesis
yang akan dibuktikan oleh penulis yaitu:
a. Ho
: konsumen merasa puas terhadap pelayanan pada Mie ayam Haji Koko.
Hi : konsumen merasa tidak puas terhadap
pelayanan pada Mie ayam Haji Koko.
b. Po>50%
= Puas
Po<50% = Tidak Puas
4.2 Alat
Analisis yang Digunakan
·
Uji Normalitas Satu Proporsi
Untuk
mengetahui prilaku konsumen terhadap pelayanan pada Mie ayam Haji Koko, maka
dugunakan analisis uji normalitas satu proporsi. Dengan menggunakan rumus
sebagai berikut :
Statistik uji Z = X-(n.Po)
√n. Po.Qo
Dimana P : proporsi yang diinginkan/ diharapkan
Po
: proporsi keberhasilan yang
diHipotesiskan
Qo
: Proporsi kegagalan
Po + Qo = 1
N
: Banyaknya sampel
X
: Banyaknya keberhasilan dari
sampel
α : Tingkat kesalahan
Ho
: Hipotesa awal yang diharapkan akan
ditolak
Hi
: Hipotesa alternatif
Peolakan Ho membawa kita pada penerimaan
Hi
·
Liker’s Summated Rating (LSR)
LSR
ini merupakan jenis skala yan digunakan untuk mengukur variable penelitian.
Pada setiap item jawaban memiliki nilai dari yang tertinggi sampai terendah,
yaitu sebagai berikut :
a. Sangat
setuju bernilai 5
b. setuju
bernilai 4
c. ragu-ragu
bernilai 3
d. Tidak
setuju bernilai 2
e. Sangat
tidak setuju bernilai 1
Langkah pengujuan hipotesis
·
1908 x
100% = 76,32% dibulatkan menjadi 80%
2500
Po
= 0,8
·
Po > 50% puas
Po
< 50% tidak Puas
Ho
: diterima
Hi : ditolak
BAB V
RANGKUMAN DAN SARAN
5.1 Saran
Saran yang dapat
disimpulkan kepada Mie ayam Haji Koko sebagai berikut :
1. Mie
ayam Haji Koko harus lebih meningkatkan mutu dan kualitas pelayanannya agar
konsumen semakin puas dengan pelayanan yang diberikan.
2. Perlu
dibuat potongan harga bila ada acara khusus agar pelanggan bertambah lebih
banyak.
hasil dari penelitian anda apa
BalasHapus