Nama : Dani Hamdani
NPM : 16209229
Kelas 4EA08
ETIKA BISNIS-CSR
NPM : 16209229
Kelas 4EA08
ETIKA BISNIS-CSR
CSR (Corporate Social Responsibility) adalah suatu tindakan atau
konsep yang dilakukan oleh perusahaan (sesuai kemampuan perusahaan tersebut)
sebagai bentuk tanggungjawab mereka terhadap sosial/lingkungan sekitar dimana
perusahaan itu berada.
Definiisi
Konsep Corporate Social Resposnsibility (CSR)
Beberapa
ahli mendefinisikan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (CSR) antara lain :
1.
Mc William dan Segel (2001) CSR
: serangkaian tindakan perusahaan yang muncul untuk meningkatkan produk
sosialnya, memperluas jangkauannya melebihi kepentingan ekonomi eksplisit
perusahaan, dengan pertimbangan tindakan semacam ini tidak diisyaratkan oleh
peraturan hokum;
2.
Magnan dan Ferrel (2004) CSR
:Â perilaku bisnis, di mana pengambilan keputusannya mempertimbangkan
tanggung jawab social dan memberikan perhatian secara lebih seimbang terhadap
kepentingan stakeholders yang beragam; dan
3.
The World Business Council for
Sustainable Development (WBCSD) mendefinisikan CSR sebagai komitmen bisnis
untuk berkontribusi pada pembangunan ekonomi berkelanjutan, bekerja bersama
dengan para pekerja, keluarga mereka, dan komunitas lokal.
Contoh bentuk tanggungjawab
itu bermacam-macam, mulai dari melakukan kegiatan yang dapat meningkatkan
kesejahteraan masyarakat dan perbaikan lingkungan, pemberian beasiswa untuk
anak tidak mampu, pemberian dana untuk pemeliharaan fasilitas umum, sumbangan
untuk desa/fasilitas masyarakat yang bersifat sosial dan berguna untuk
masyarakat banyak, khususnya masyarakat yang berada di sekitar perusahaan
tersebut berada. Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan fenomena
strategi perusahaan yang mengakomodasi kebutuhan dan kepentingan stakeholder-nya. CSRtimbul sejak era dimana
kesadaran akan sustainability perusahaan jangka panjang
adalah lebih penting daripada sekedar profitability.
Manfaat CSR bagi Perusahaan
1. Meningkatkan
Citra Perusahaan
Dengan melakukan kegiatan CSR, konsumen dapat lebih mengenal perusahaan sebagai perusahaan yang selalu melakukan kegiatan yang baik bagi masyarakat.
Dengan melakukan kegiatan CSR, konsumen dapat lebih mengenal perusahaan sebagai perusahaan yang selalu melakukan kegiatan yang baik bagi masyarakat.
2. Memperkuat
“Brand” Perusahaan
Melalui kegiatan memberikan product knowledge kepada konsumen dengan cara membagikan produk secara gratis, dapat menimbulkan kesadaran konsumen akan keberadaan produk perusahaan sehingga dapat meningkatkan posisi brand perusahaan
Melalui kegiatan memberikan product knowledge kepada konsumen dengan cara membagikan produk secara gratis, dapat menimbulkan kesadaran konsumen akan keberadaan produk perusahaan sehingga dapat meningkatkan posisi brand perusahaan
3.
Mengembangkan Kerja Sama dengan Para Pemangku Kepentingan
Dalam melaksanakan kegiatan CSR, perusahaan tentunya tidak mampu mengerjakan sendiri, jadi harus dibantu dengan para pemangku kepentingan, seperti pemerintah daerah, masyarakat, dan universitas lokal. Maka perusahaan dapat membuka relasi yang baik dengan para pemangku kepentingan tersebut.
Dalam melaksanakan kegiatan CSR, perusahaan tentunya tidak mampu mengerjakan sendiri, jadi harus dibantu dengan para pemangku kepentingan, seperti pemerintah daerah, masyarakat, dan universitas lokal. Maka perusahaan dapat membuka relasi yang baik dengan para pemangku kepentingan tersebut.
4. Membedakan
Perusahaan dengan Pesaingnya
Jika CSR dilakukan sendiri oleh perusahaan, perusahaan mempunyai kesempatan menonjolkan keunggulan komparatifnya sehingga dapat membedakannya dengan pesaing yang menawarkan produk atau jasa yang sama.
Jika CSR dilakukan sendiri oleh perusahaan, perusahaan mempunyai kesempatan menonjolkan keunggulan komparatifnya sehingga dapat membedakannya dengan pesaing yang menawarkan produk atau jasa yang sama.
5. Menghasilkan
Inovasi dan Pembelajaran untuk Meningkatkan Pengaruh Perusahaan
Memilih kegiatan CSR yang sesuai dengan kegiatan utama perusahaan memerlukan kreativitas. Merencanakan CSR secara konsisten dan berkala dapat memicu inovasi dalam perusahaan yang pada akhirnya dapat meningkatkan peran dan posisi perusahaan dalam bisnis global.
Memilih kegiatan CSR yang sesuai dengan kegiatan utama perusahaan memerlukan kreativitas. Merencanakan CSR secara konsisten dan berkala dapat memicu inovasi dalam perusahaan yang pada akhirnya dapat meningkatkan peran dan posisi perusahaan dalam bisnis global.
6. Membuka
Akses untuk Investasi dan Pembiayaan bagi Perusahaan
Para investor saat ini sudah mempunyai kesadaran akan pentingnya berinvestasi pada perusahaan yang telah melakukan CSR. Demikian juga penyedia dana, seperti perbankan, lebih memprioritaskan pemberian bantuan dana pada perusahaan yang melakukan CSR.
Para investor saat ini sudah mempunyai kesadaran akan pentingnya berinvestasi pada perusahaan yang telah melakukan CSR. Demikian juga penyedia dana, seperti perbankan, lebih memprioritaskan pemberian bantuan dana pada perusahaan yang melakukan CSR.
7. Meningkatkan Harga
Saham
Pada akhirnya jika perusahaan rutin melakukan CSR yang sesuai dengan bisnis utamanya dan melakukannya dengan konsisten dan rutin, masyarakat bisnis (investor, kreditur,dll), pemerintah, akademisi, maupun konsumen akan makin mengenal perusahaan. Maka permintaan terhadap saham perusahaan akan naik dan otomatis harga saham perusahaan juga akan meningkat.
Pada akhirnya jika perusahaan rutin melakukan CSR yang sesuai dengan bisnis utamanya dan melakukannya dengan konsisten dan rutin, masyarakat bisnis (investor, kreditur,dll), pemerintah, akademisi, maupun konsumen akan makin mengenal perusahaan. Maka permintaan terhadap saham perusahaan akan naik dan otomatis harga saham perusahaan juga akan meningkat.
Sedangkan
manfaat bagi masyarakat yaitu:
Memberikan multiplier effect
yang diharapkan kepada masyarakat. Dengan memperhatikan masyarakat, perusahaan
dapat berkontribusi terhadap peningkatan kualitas hidup masyarakat. Perhatian
terhadap masyarakat dapat dilakukan dengan cara perusahaan melakukan
aktivitas-aktivitas serta pembuatan kebijakan-kebijakan yang dapat meningkatkan
kesejahteraan, kualitas hidup dan kompetensi masyarakat diberbagai bidang.
Penerapan program CSR
merupakan salah satu bentuk implementasi dari konsep tata kelola perusahaan
yang baik (Good Coporate Governance). Program CSR merupakan investasi bagi
perusahaan demi pertumbuhan dan keberlanjutan (sustainability) perusahaan dan bukan lagi dilihat
sebagai sarana biaya(cost centre) melainkan sebagai sarana meraih keuntungan (profit
centre). Program CSR merupakan komitmen perusahaan untuk mendukung
terciptanya pembangunan berkelanjutan (sustainable development).
Dalam implemetasinya,
penerapan CSR dalam perusahaan ada juga yang mengalami penurunan dan ada juga
ada yang mengalami kenaikan. FRISIAN FLAG adalah salah satu contoh
perusahaan yang menerapkan CSR dalam perusahaanya sehingga perusahaan semakin
baik.
Pada umumnya perusahaan yang telah berhasil menerapkan CSR
sebagai berikut:
1. Tahap Perencanaan
2. Tahap Implementasi
3. Tahap Evaluasi
4. Pelaporan
Akan tetapi implementasi
CSR perusahaan di Indonesia belum maksimal, seperti dilansir di situs http://www.analisadaily.com “Medan,(Analisa). Implementasi Corpoorate Social
Responsibility (CSR) yang dilakukan perusahaan - perusahaan di Indonesia
termasuk di Sumut dinilai masih belum maksimal menyentuh stakeholder.
Padahal,berdasarkan penelitian, CSR ternyata memberikan manfaat bagi
peningkatan penjualan, mampu menembus pangsa pasar yang diinginkan, memperkuat
posisi nama atau merek dagang, meningkatkan citra perusahaan dan meningkatkan
daya tarik investor dan analisis keuangan. Bahkan dari
sisi internal perusahaan, CSR mampu meningkatkan kemampuan untuk menarik dan
memotivasi kinerja karyawan”.
Kemungkinan kendala yang
dihadapi oleh perusahaan dalam implementasi CSR adalah meningkatnya
ketidakpercayaan masyarakat dan kesalahan persepsi yang muncul akibat tuduhan
pencemaran terhadap perusahaan tersebut. Oleh karena itu penerapan CSR yang
baik dan benar sangat bagus dan bermanfaat bagi perusahaan dan juga bagi
masyarakat.
Sumber:
http://bintangpapua.com/opini
http://www.usaha-kecil.com/pengertian_csr.html
sinarharapan.co.id
http://www.usaha-kecil.com/pengertian_csr.html
sinarharapan.co.id
Tidak ada komentar:
Posting Komentar